SALAM QURBAN MASJID AL-MUHAJIRIN HKSN BANJARMASIN

BBS-NEWS. ID - BANJARMASIN : Salam Qurban Al-Muhajirin sebagai bentuk penyampaian apresiasi kepada para pequrban yang menitipkan amanah qurbannya untuk dikelola di Masjid Al-Muhajirin. 

Demikian diungkap Dr. Muhammad Arif Budiman, Ketua Pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin HKSN Banjarmasin.

“Jadi kami mengundang perwakilan dari setiap kelompok qurban. Karena kita ada 33 kelompok, jadi kita mengundang 33 perwakilan. Mengingatsituasi pandemic (Covid 19), jadi kita batasi. Kami memberikan souvenir ala kadarnya. Kemudian ada piagam kepada para pequrban. 

Mudah-mudahan mereka juga merasa puas atau merasa berbahagia juga bisa berqurban bersama-sama di sini dan semoga tahun depan dapat kembali berqurban,” kata Arif, Selasa (20/7).

Seluruhnya ada 33 ekor sapi dan 5 ekor kambing plus 1 ekor sapi bantuan Bank Syariah Indonesia. Akan didistribusikan kepada masyarakat. Sengaja tidak membagi kupon untuk masyarakat. Kita membuat sistim perwakilan. Para jemaah membagikan di lingkungan masing-masing. Totalnya lebih dari 6 ribu bungkus untuk Kota Banjarmasin dan Barito Kuala, yang dibagian sebagian ke daerah-daerah binaan mereka.

Dikatakan, mayoritas yang berqurban dari Jemaah Masjid Al-Muhajirin, tapi juga ada dari luar dari beberapa daerah yang menitipkan.

“Sebenarnya kemarin masih banyak yang ingin berqurban. Tapi sudah kami tutup. Karena kita juga perlu persiapan. Jadi akhirnya yang tidak sempat itu mungkin mencari ke tempat lain," Arif menambahkan.

Untuk kegiatan tersebut, melibatkan 204 petugas dari bapak, Ibu dan Angkatan Muda Masjid Al-Muhajirin.

Selain itu, dalam meatuhi protokol kesehatan, pihaknya kata Arif, mewajibkan semua panitia memakai masker. Kemudian menutup area penyembelihan dari masyarakat umum.

Sehingga hanya panitia bertugas saja yang masuk ke daerah penyembelihan di belakang gedung pusat dakwah dan proses penimbangan dan penyisiran daging di dalam gedung. Sedangkan akkses dari luar ditutup. Yang mengambil dan mengantarkan daging qurban dari jemaah langsung ke rumah-rumah masyarakat, yang membawa ada 20, 50 dan 100 kantong daging qurban, yang dibagikan di sekitar rumah jemaah tersebut.(AN/Juns