Tertib dan Nyaman, Warga Apresiasi Serbuan Vaksin TNI AU

 Bbs-news.id, Banjarbaru- Hingga dua bulan lebih pelaksanaan Program Serbuan Vaksinasi yang dilakukan Jajaran TNI AU, antusiasme masyarakat untuk divaksin terbilang tinggi. 

Sejumlah warga pun berbondong-bondong untuk mendapatkan pelayanan terbaik yang diberikan Tim kesehatan RS Angkatan Udara Lanud Sjamsudin Noor. 

Sejak vaksinasi Pertama hingga vaksinasi Kedua saat ini, partisipasi masyarakat mendukung percepatan Program Vaksinasi Nasional yang didukung penuh jajaran TNI AU, sangatlah tinggi.

Sistem tata laksana vaksinasi yang dilakukan di RS Angkatan Udara  Lanud Syamsudin Noor dinilai memberikan kenyamanan, keamanan dan kelancaran bagi masyarakat yang menjalani proses vaksinasi covid-19. 

Untuk mendapatkan vaksinasi jenis Sinovac ini, warga pun harus menjalani serangkaian protokol kesehatan, mulai masuk ke area dengan mencuci tangan dan wajib memakai masker. 

Tak hanya itu kursi-kursi dengan berjarak pun dipasang di selasar halaman luar dan dalam rumah sakit, yang memberikan rasa nyaman , karena warga bisa menghindari langsung sebuah kerumunan.

“ Kami sangat mengapresiasi sekali sistem dan tata laksana vaksinasi di RS Angkatan Udara Lanud Syamsudin Noor. Karena tak ada terlihat kerumunan dan tertib sekali. Ini patut untuk dijadikan contoh untuk kegiatan vaksinasi yang baik,” Kata Ketua Relawan Sosial Pendidikan Indonesia, Muhammad Risanta,SE,MM, kepada wartawan, Rabu (25/08/2021).

Menurut salah satu wartawan senior di Kalsel ini, tak hanya itu petugas medis di rumah sakit sangat ramah dan saat berkomunikasi memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang divaksin. 

Meski begitu tim medis sangat profesional dalam menjalankan tugas saat memeriksa kondisi kesehatan hingga memberikan suntikan vaksinasi.

Komandan Pangkalan TNI AU, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago , kepada wartawan mengungkapkan,  vaksinasi Covid-19 dapat mengurangi tingkat keparahan apabila seseorang terkonfirmasi positif Covid-19.

“ Selain melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19” Komandan Pangkalan TNI AU, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago.

Menurut Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago,  Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. 

Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

 “ Yang intinya adalah Vaksinasi Covid-19 untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. . Demi mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal,  Lanud Sjamsudin Noor melalui RSAU Sjamsudin Noor kembali melaksanakan vaksinasi dosis kedua terhadap warga masyarakat, bertempat di RSAU Lanud Sjamsudin Noor,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Tim kesehatan RSAU Lanud Sjamsudin Noor melaksanakan vaksinasi tahap dua terhadap masyarakat yang sudah melaksanakan vaksinasi tahap satu sebelumnya dengan jenis Sinovac. 

Sejak pagi hari, masyarakat mulai berdatangan untuk mendapatkan suntikan vaksin yang terakhir yaitu tahap dua. 

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Peserta yang datang wajib mengenakan masker, duduk berjarak dan mencuci tangan serta diperiksa suhu tubuhnya sebelum divaksin.

Lebih jauh Yulmaizir Chaniago menjelaskan , vaksin tahap dua yang disuntikkan berfungsi untuk mendorong tubuh membentuk antibodi yang lebih kuat. 

Sehingga diharapkan dapat menurunkan tingkat morbiditas dan mortalitas yang disebabkan oleh infeksi virus Covid 19.  

“Namun, perlu diingat bahwa mendapatkan vaksinasi bukan berarti sudah kebal virus corona, sehingga kita mengabaikan protokol kesehatan. 

Hendaknya tetaplah masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan. 

Dengan mawas diri, kita semua dapat menyelamatkan dan menjaga orang terkasih di sekitar kita. Jangan Kendor, tetap laksanakan protokol kesehatan,” pesan Komandan Pangkalan TNI AU, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago kepada masyarakat. (Olpah Sari Risanta – AN )