Banjir Banjarmasin Dinihari Pasang Dan Pagi Surut

Bbs-news.id,Banjarmasin - Menyikapi apa yang terjadi utamanya di Kota Banjarmasin, air pasang laut  yang menahan dan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, mengakibatkan beberapa wilayah yang berdekatan sungai-sungai di Kota Banjarmasin, sebagian besar dilanda banjir.

Demikian dikatakan Achmadi, S.Sos., Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, mengenai kondisi saat ini.

Achmadi yang juga Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalimantan Selatan menyatakan, air pasang ini utamanya pada malam hari. 

"Oleh karena itu saat ini Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan memonitor perkembangan-perkembangan yang terjadi selama ini," ungkap Achmadi, Kamis (11/11/2021)

Menurutnya, bilamana sudah terjadi, maka kewajiban Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan maupun Kota Banjarmasin, juga harus memberikan bantuan.

"Kita lihat beberapa hari kedepan. Karena ini adalah dampak dari La Nina yang melingkupi Kalimantan Selatan. Ini juga bagian dari bencana Hidrometeorologi yang harus Kita sikapi dengan baik dan bijaksana," Achmadi menjelaskan.

Pihaknya kata Achmadi, juga berharap masyarakat tetap tenang untuk menghadapi bencana atau air pasang yang terjadi.

"Kami berharap ini masih bisa ditangani oleh Pemerintah Kota Banjarmasin. Status tanggap darurat sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin. Karenanya kami selalu memantau perkembangannya," Achmadi menegaskan.

Dikatakan, bilamana ini juga memerlukan bantuan dari Pemerintah Provinsi, pihaknya siap. Utamanya menurut Achmadi, untuk pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, bilamana hal ini mengganggu aktivitas masyarakat, sepert air sudah masuk rumah dan sebagainya.

"Kami selalu memantau perkembangannya. Ini kejadiannya pasti malam, di atas jam 2 atau jam 3 dinihari. Kemudian pagi surut lagi," Achmadi mengungkapkan.

Diharapkan peristiwa ini tidak berlangsung lama. Yang merupakan fenomena alam dalam rangkaian bencana hidrometeorologi di  Indonesia.

Selain terus memantau perkembangannya, pihaknya kata Achmadi, berharap Pemerintah Kota Banjarmasin dulu yang menangani. Dinas Sosial Kota Banjarmasin juga sudah menyatakan siap memberikan bantuan dan sudah menganggarkan kebutuhan-kebutuhan masyarakat, khususnya untuk korban bencana air pasang dan bilamana memerlukannya pihaknya,  Achmadi menyatakan siap memberikan bantuan tanggap darurat untuk air pasang di Kota Banjarmasin.(AN/Juns