Antasari Festival Band Nasional 2024 Piala Panglima TNI Sukses, Inilah Daftar Juaranya

 

Antasari Festival Band Nasional piala Panglima TNI sukses digelar, foto bersama pemenang (Foto: Penrem 101/Ant)

Banjarmasin, bbs-news.id – Ajang pencarian bakat Antasari Festival Band Nasional Piala Panglima TNI 2024 yang diselenggarakan oleh Korem 101/Antasari selama 3 hari, secara resmi ditutup di Halaman Kantor Walikota Banjarmasin Jl. RE Martadinata No.1, Banjarmasin Tengah, Minggu (22/9).

Festival ini digelar dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024, sekaligus sebagai ajang mengembangkan kreativitas di bidang seni dan peningkatan prestasi musisi-musisi muda yang ada di wilayah Kalimantan Selatan dan luar Kalimantan Selatan.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Budi Utomo saat memberikan Hadiah kepada Juara 1 Rock On Band kategori Umum (Foto: Penrem 101/Ant)

Tim Juri pada festival band ini berasal dari kalangan profesional diantaranya, Dian "Candil" Dipa Chandra (Ex Band Seurieus), Arie Widhiawan (Ex Band Lingua), Ady (Ex Band Naff), Andi Wijaya, SPd, MSn. (Dosen Seni Universitas PGRl Kalsel) dan Sumardi (Ajenrem 101/Antasari).

Pemenang dari Antasari Festival Band Nasional Piala Panglima TNI Tahun 2024, pada kategori Umum, Juara 1 diraih oleh Rock On Band dari Kota Banjarmasin-Kalsel, Juara 2 diraih oleh RH (Rock Horizon) Band dari Kota Banjarmasin-Kalsel, dan Juara 3 diraih oleh Earth Music Band dari Kota Banjarmasin-Kalsel. 

Penampilan salah satu finalis pada Antasari Festival Band di Halaman Pemkot Banjarmasin (Foto:EDH)

Pada kategori Mahasiswa, Juara 1 diraih oleh The Young Band dari Politeknik Negeri Tanah Laut-Kalsel, Juara 2 diraih oleh Pasukan Revolusi Band dari Politeknik Unggulan Banjarmasin-Kalsel, dan Juara 3 diraih oleh Project FR Band dari Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Sedangkan pada kategori Pelajar SMA/Sederajat, Juara 1 diraih oleh Vektor Band dari SMAN 1 Banjarmasin-Kalsel, Juara 2 diraih oleh Fingger Band dari SMAN 3 Banjarbaru-Kalsel, dan Juara 3 diraih oleh Hellfire Band dari SMAN 4 Banjarbaru-Kalsel. 

Para pemenang lomba selain mendapatkan Piala dari Panglima TNI, juga menerima uang pembinaan dengan Total 142 Juta rupiah yang diserahkan langsung tanpa dipotong pajak.

Sebelumnya, Danrem 101/Ant Brigjen TNl Ari Aryanto SE MIP, menyatakan bahwa kegiatan Antasari Festival Band diselenggarakan dengan tujuan mencari bibit-bibit musisi berbakat Kalimantan Selatan yang diharapkan dapat bersaing hingga ke tingkat nasional. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan kedepan akan ada musisi-musisi khususnya dari Kalimantan Selatan hingga ke tingkat nasional, terutama yang lahir dari ajang Antasari Festival Band ini," tandasnya.

Acara turut dihadiri oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Forkopimda Provinsi Kalsel, Forkopimda Kota Banjarmasin, PJU Korem 101/Antasari, PJU Polda Kalsel, SKPD Provinsi Kalsel, para Dandim dan Danyonif se-Kalsel, serta Dan/Ka Balak Aju Kodam VI/Mulawarman Wilayah Banjarmasin.

Eddy/Andra