Peringatan Ke-162 Pangeran Antasari, Kapolda Kalsel : Semangat Juangnya Terus Dihidupkan

Kabid Humas Polda Kalsel, Kasrem Korem 101/Ant, Kadisops Lanud Sjam, Pasminlog Lanal Banjarmasin saat tabur bunga di Makam Pangeran Antasari (Foto:Penrem 101/Ant)

Banjarmasin,bbs-news.id - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto, SH MH diwakili Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Adam Erwindi, SIK MH menghadiri peringatan ke-162 wafatnya Pahlawan Nasional Pangeran Antasari.

Bertempat di area Makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari, Jalan Malkon Temon, Banjarmasin, peringatan ini digelar dengan hikmat, Jumat (11/10) pagi.

Peringatan ini juga merupakan bentuk penghormatan atas jasa Pangeran Antasari dalam perjuangannya melawan penjajahan kolonial Belanda di Kalimantan Selatan.

Pangeran Antasari merupakan tokoh penting yang gigih memperjuangkan kemerdekaan bangsa, sehingga diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Kapolda Kalsel melalui Kabid Humasnya Kombes Pol Adam Erwindi menyampaikan bahwa semangat juang Pangeran Antasari harus terus dihidupkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda. 

"Semangat patriotisme yang ditunjukkan oleh Pangeran Antasari adalah contoh nyata bagaimana kita seharusnya mencintai bangsa dan negara," ujarnya.

Selain Kabid Humas yang mewakili Kapolda Kalsel, acara ini juga dihadiri  Kasrem Korem 101/Antasari, Kadisops Lanud Sjamsudin Noor, Pasminlog Lanal Banjarmasin yang turut berpartisipasi dalam penghormatan kepada Pahlawan Nasional Pangeran Antasari. 

Sebagai bagian dari peringatan, dilakukan pula prosesi tabur bunga di Makam Pahlawan dan pembacaan doa bersama sebagai wujud penghormatan terhadap jasa-jasa beliau.

"Peringatan ke-162 ini menjadi momentum penting untuk mengingat kembali perjuangan para Pahlawan yang telah memberikan segalanya demi kemerdekaan Indonesia," pungkas Kombes Pol Adam Erwindi.

Eddy/Andra