Pilkada Banjarbaru: Bukti Bangun Ekonomi Berbasis Masyarakat ala Aditya-Habib Abdullah

Pasangan No 2 Calon Walikota dan Wakil Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dan Habib Abdullah Al Kaff , Umara - Ulama (Foto:Ist)

Banjarbaru, bbs-news.id - Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti Ariffin - Habib Said Abdullah Al Kaff, menaruh perhatian serius dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Sejumlah program sejak era kepimpinan Aditya sebagai Walikota Banjarbaru periode 2021-2024 dan Habib Abdullah yang kala itu menjabat Sekretaris Daerah (Sekda), telah digulirkan dan sukses mengukuhkan nama Banjarbaru dalam daftar daerah dengan capaian tertinggi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Duet Umara dan Ulama , Aditya - Habib Abdullah Al Kaff saat menghadiri Pemilu Damai bersama Kapolda Kalsel (Foto: Ist)

Fenomena luar biasa ini terjadi di tahun 2023, dimana Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan hasil pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 melalui sistem neraca regional, mencatat 7,93 persen capaian laju pertumbuhan ekonomi Banjarbaru kala itu.

Angka tersebut menjadi yang tertinggi melampaui 12 kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.


Belum cukup sampai di situ, sejarah bahkan mencatat nama Aditya sebagai satu-satnya Walikota yang di era kepemimpinannya berhasil mencapai angka laju pertumbuhan sejak Banjarbaru beralih status sebagai kota administratif di tahun 1999 silam. 

Aditya saat mengunjungi stand UMKM program RT Mandiri sambil berinteraksi di Siring Kemuning (Sirkem) Banjarbaru (Foto:Ist)

Nasib sektor ekonomi Banjarbaru dengan program unggulan dan gagasan inovasi dari paslon Aditya-Habib Abdullah dapat dipastikan menuju arah pertumbuhan yang lebih baik. Bahkan tak menutup kemungkinan akan terukir catatan sejarah baru nantinya. 

Dibekali pengalaman dan jam terbang yang tinggi, paslon nomor urut 2 ini memiliki potensi terbesar dalam menggali setiap sisi sektor lumbung ekonomi daerah dan masyarakat. Misalnya saja dari sisi investasi. 

Cara Aditya memasarkan potensi usaha di Banjarbaru bukan main adanya. Bukti investor yang ramai berdatangan sudah terlihat dari tahun-tahun sebelumnya, dimana Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan realisasi investasi Banjarbaru tahun 2022 meraup nilai Rp 645 miliar. 

Masyarakat juga tak perlu khawatir dengan kehadiran para investor. Sebab pengalaman Habib Abdullah sebagai mantan pimpinan tertinggi di birokrasi Pemko Banjarbaru, mengedepankan regulasi dan tatanan yang memprioritaskan manfaat bagi masyarakat Kota Banjarbaru. 

Fakta ini pun turut diamini salah satu mahasiswa di Uniska Banjarbaru, Ahmad (22). Menurutnya, semakin banyak kehadiran investor akan berdampak positif dengan terbukanya lapangan kerja yang secara otomatis dapat menurunkan angka pengangguran.

"Kadapapa (tidak apa) investor banyak yang datang. Yang penting jangan merubah tatanan yang sudah ada di Banjarbaru saat ini. Tetap prioritaskan masyarakat lokal untuk kebermanfaatannya. Amun (kalau) ini Walikota wan (dan) wakilnya kada bepangalaman, ngalih am (susah). Keina (nanti) usaha yang kada-kada yang dibuka," tuturnya, Sabtu (12/10).

Kemudian dari sektor ekonomi masyarakat, tentunya ada ragam program mulai dari UMKM hingga RT Mandiri yang kembali akan gulirkan Aditya-Habib Abdullah di periode kepimpinan selanjutnya. 

Bantuan kemasyarakatan pun juga secara rutin disalurkan mulai dari bedah rumah, santunan, homecare dan masih banyak lagi.

"Kalau melihat cara bapak Aditya, saya rasa  putaran roda ekonominya sudah balance. Walau ekonomi terus didorong maju, tapi masyarakat tidak mampu juga mendapat perhatian dan dibantu. Saya rasa ini sangat penting sehingga kalangan kelas bawah juga punya peluang yang besar untuk menaikan ekonominya," ucap Anthoni (42) salah satu warga di Kecamatan Banjarbaru Utara.

Eddy/Andra