Para penumpang yang akan berangkat melalui pelabuhan Trisakti di layani oleh PT Pelindo (Foto:Humas Pelindo)
Banjarmasin, Bbs-news.id - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo-Persero) Regional 3 Sub Regional Kalimantan mencatat sebanyak 41.793 orang penumpang telah dilayani di Terminal Penumpang sejak H-15 hingga H+15 Lebaran 1446 H.
Seluruh proses pelayanan berjalan lancar berkat sistem kerja yang terintegrasi, dukungan berbagai pihak, serta komitmen Pelindo dalam menghadirkan layanan prima 24 jam nonstop.
Sebagai operator terminal penumpang, Pelindo memastikan seluruh fasilitas terminal dalam kondisi optimal sejak awal masa angkutan Lebaran.
Peningkatan penumpang signifikan telah diantisipasi melalui penambahan personel, penguatan koordinasi dengan stakeholder, serta pembentukan Posko Angkutan Lebaran di lapangan.
Junior Manager Umum dan Humas Suprayogi, menyampaikan apresiasinya atas kerja keras seluruh jajaran dalam menyukseskan penyelenggaraan arus mudik dan balik tahun ini.
"Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik selama 24 jam penuh. Tidak hanya pada hari puncak, tapi juga sejak H-15 hingga H+15," ungkap Suprayogi.
Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab mereka terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat.
Selama periode tersebut lanjutnya, Pelindo menjalankan layanan terpadu yang melibatkan dukungan dari TNI-POLRI, Dinas Perhubungan, Syahbandar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta unsur Pemda setempat.
Menurutnya, kolaborasi ini terbukti mampu menjaga kelancaran arus penumpang dari dan menuju pelabuhan.
"Sinergi dengan para stakeholder menjadi kunci sukses pelayanan Lebaran tahun ini. Setiap hari ada koordinasi intens, baik di posko terpadu maupun di lapangan, sehingga potensi gangguan bisa diantisipasi lebih cepat," imbuhnya.
Pelindo juga menggerakkan seluruh unit kerja internal, termasuk tim operasional, layanan penumpang, keamanan serta petugas kebersihan dan fasilitas.
Satgas internal Pelindo juga dilibatkan secara aktif dalam memberikan bantuan langsung kepada penumpang, terutama kelompok rentan seperti lansia, anak-anak dan difabel.
Di Terminal Penumpang Trisakti Banjarmasin, puncak arus terjadi pada H+11 Lebaran dengan pergerakan mencapai lebih dari 2.700 penumpang dalam satu hari.
Meskipun terjadi lonjakan, seluruh pelayanan tetap berjalan lancar berkat skenario pengaturan arus yang telah disiapkan jauh hari.
Dengan semangat "Layanan Prima 24 Jam" , Pelindo terus membuktikan komitmennya dalam menyediakan layanan transportasi laut yang aman, nyaman dan manusiawi.
Pendekatan humanis dan pelayanan aktif di lapangan menjadi pembeda dalam penyelenggaraan arus mudik tahun ini.
"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam kelancaran arus mudik tahun ini. Semoga pengalaman positif ini dapat terus kami tingkatkan di tahun-tahun mendatang," pungkas Suprayogi.
Setelah arus balik berakhir, Pelindo akan langsung melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pelayanan Arus Mudik Lebaran 2025 sebagai bahan penguatan untuk menghadapi masa angkutan besar lainnya di waktu mendatang.
Eddy/Andra